Warga Sambut Bulan Suci Ramadhan 1443 H Dikota Tertoleransi

Singkawang-mediapemburukasus.com Ribuan umat muslim dan beberapa elemen masyarakat Kota Singkawang tergabung dalam Mejelis Umat bersama Ormas, OKP, Perhimpunan, Komunitas, Lembaga Umum Institusi, Lembaga Pendidikan dan Sekolah ikut menjadi peserta Pawai Obor Ramadhan 1443 H di Kota Singkawang, kamis malam (31,03,2022.)

Pelaksanaan Pawai Obor Ramadhan 1443 H dimulai jam 19.30 wib sampai selesai. Titik kumpul di Lapangan Tarakan Jalan RA. Kartini (Sekip Lama) Singkawang dan berakhir di depan mesjid raya Singkawang.

Bacaan Lainnya

Rute yang dilalui start dari Lapangan Tarakan, Jalan Jendral Sudirman, Jalan Nusantara, Jalan Kurau, Jalan Setia Budi, Jalan Niaga, Jalan Saman Bujang, Jalan Diponegoro, Mesjid Raya (Finis).

Kegiatan ini sebagai wujud kepedulian kita bersama memelihara Budaya Luhur yang semakin terkikis dan terlupakan generasi penerus.

Nampak pada Acara PAWAI OBOR tersebut Drs H Irwan MSi,wakil walikota Singkawang ikut berbaur dengan masyarakat dalam memeriahkan acara tersebut.


“Alhamdulillah malam hari ini kita sambut dengan gembira bulan suci Ramadhan 1443 H dan kita ramaikan Kota Singkawang dengan PAWAI OBOR
Makna Pawai Obor sendiri merujuk pada pesan Rasulullah SAW, yakni “Barang siapa yang menyambut bulan suci Ramadhan dengan hati yang penuh gembira, maka diharamkan jasadnya dari jilatan Api Neraka”. Tambah Irwan.

Dedi Mulyadi selaku Kordinator Majelis Umat dalam sambutan Pawai Obor Ramadhan 1443 H, “Alhamdulillah saya ucapkan mengucapakan Terima kasih tak terhingga kepada seluruh masyarakat muslim Kota Singkawang yang hadir pada malam hari ini, tentu dengan tujuan semua pihak berbagai pihak. Alhamdulillah dengan suasana yang begitu antusias rasakan malam ini kita dapat berkumpul bersama dengan satu niat dan tujuan yang perlu dijaga dan berharap ukhuwah islamiyah”. Tutup dedi.

Melalui whatsapp Dedi Mulyadi menambahkan, “Untuk itu kami mengucapkan terima kasih dan ucapan penghargaan yang tak terhingga kepada pihak-pihak Donatur, Teman-Teman Panitia, Majelis Umat (Organisasi, Komunitas, Perhimpunan dan Group), juga Ibu Malika dan BPKS nya, serta Masyarakat Kota Singkawang yang telah ikut berpartisipasi mendukung dan menyemarakkan kegiatan PAWAI OBOR RAMADHAN 2022.Yang tidak kalah penting adalah peran dari FKPPI dalam membantu pelaksanaan dan pengamanan selama kegiatan berlangsung.

Kita sadari apa yang kita lakukan dan persiapkan tentu tidak luput dari kekurangan dan penuh keterbatasan.

Yaa, memang segitulah kemampuan kita, walau demikian kita tidak menyerah, kita yakin dengan niat yang ikhlas, tulus dan kebersamaan maka kita bisa melewati kesulitan-kesulitan yang dihadapi Panitia, khususnya masalah pendanaan, karena memang kita sama sekali tidak ada dukungan pendanaan dari Pemerintah Kota Singkawang, murni dana–dana yang kita pergunakan adalah dana pribadi Umat dan sumbangan para Donatur.

Bahkan kita sampai jual Obor demi mencari dana untuk melaksanakan kegiatan tersebut.

Namun kita tidak menyerah, kita coba menyeru dan mengajak Umat untuk ikut peduli dan ambil bagian berpartisipasi, akhirnya kita dapat bantuan dari Umat dan beberapa Donatur membantu pendanaan kegiatan Pawai Obor tersebut. Alhamdulillah akhirnya dapat berlangsung seperti yang kita lihat.

Kita juga mengucapkan terima kasih kepada Wakil Walikota Singkawang Bpk. Irwan yang telah sudi membuka acara Pawai Obor dan ikut serta dalam rombongan peserta Pawai Obor itu, karena awalnya sampai satu hari menjelang kegiatan kita masih bingung tidak ada satupun dari Pihak Pemkot baik Walikota, Wakil Walikota maupun DPRD yang mau membuka Acara Pawai Obor tersebut, bahkan Ijin kegiatan pun tidak kita dapatkan karena pendeknya waktu dari perencanaan hingga pelaksanaan kegiatan yang hanya dipersiapkan selama 4 hari.

Namun menjelang hari Pelaksaan akhirnya Bapak Drs. H. Irwan, M.Si (Wakil Walikota) bersedia membuka dan memimpin Acara Pawai Obor.Tentu dengan kehadiran beliau telah menambah kemeriahan Pawai Obor dalam menyambut datangnya bulan Suci Ramadhan.

Kami juga mengucapkan kepada seluruh Umat Muslim Kota Singkawang SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH BULAN SUCI RAMADHAN 1443 H, Semoga amal ibadah kita selalu diterima ALLAH SWT dan selalu dalam lindungan NYA.

Tetap selalu jaga Ukhuwah Islamiyah, hindari pertentangan dan perpecahan Umat, jika ada hal-hal dikiri-kanan yang coba menggunjing, memecah belah Umat maka anggap saja “Anjing Menggonggong Kafilah tetap Berlalu”, kata Dedi.

Menurut Alwi selaku Sekretaris Panitia Pawai Obor Kota singkawang, “acara ini di ikuti oleh lebih dari 90 Organisasi, dan 23 sekolah.

Obor yg disiapkan panitia ada 2.300 obor, di tambah ada Peserta yang membawa obor masing-masing Diperkirakan jumlah peserta jalan kaki, dan kendaraan mencapai 4.500 orang.

Kita juga mengucapkan terima kasih kepada Pihak Kepolisian yang telah ikut membantu pengamanan dalam pelaksanaan Pawai Obor, sebuah respond yang baik dari Polres Singkawang.

Namun kita sedih dan menyesalkan tidak ada dari pihak Pemkot yang Hadir ,cuma pak wakil walikota saja,acara ini adalah Acara Besar,lihatkan ke masyarakat kota Singkawang bahwa pemimpin dan pejabat kota Singkawang selalu Kompak dan perduli dengan kegiatan kegiatan seperti ini ,kalaupun ada permasalahan ,ya hilangkan sejenak EGO demi Acara Besar ini Satpol PP yang hadir pun cuma beberapa orang ,mungkin hanya untuk pengawalan Wakil walikota saja,bukan untuk mengamanan Acara tersebut tutup Alwi.

KASAT POL PP Kota Philipus,SH,Singkawang saat LIBAS NEWS konfirmasi mengatakan ” saya lagi kondisi sakit pak ” melalui WhatsApp
“Anggota POL PP ikut pawai OBOR di barisan depan dengan mobil PATWAL ,info yang saya dapat dari KABID saya ,itu atas perintah pak wakil ” kata Philipus

Media Pemburu kasus mencoba konfirmasi ke WhatsApp nya Walikota Singkawang ,terkait minimnya dari pihak PEMKOT yang hadir di Acara PAWAI OBOR tersebut, sampai berita ini terbit belum ada jawaban atau klarifikasi dari Walikota Singkawang.

Penulis : Rudi PK

Editor : Redaksi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.