Kapolres Metro Bekasi Kota Tinjau Kepadatan Arus Mudik Lebaran Dan Pos Pengamanan OPS Ketupat Jaya 2022

BEKASI-mediapemburukasus.com Kepadatan arus mudik lebaran di Kota Bekasi mulai terlihat. Di beberapa titik jalur lintasan pemudik, nampak kendaraan roda dua yang menuju arah jalan Pantura mendominasi.

Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol. Hengki didampingi Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto, Dandim 0507/Bekasi Letkol Luluk Setyanto dan Ketua DPRD Faisal meninjau beberapa Pos Pengaman Ops Ketupat Jaya 2022 pada Kamis (28/04/2022).

Bacaan Lainnya

“Secara umum, pelaksanaan mudik sampai dengan saat ini khususnya yang melalui jalur arteri dari Jawa menuju sumatera maupun sumatera menuju Jawa sebagaimana kita saksikan ini sudah nampak terjadi peningkatan, namun masih lancar,” ujar Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol. Hengki saat diwawancara media di pintu tol Bekasi Barat, dan Pospam Mega Bekasi.

Ganjil genap juga akan diberlakukan bagi kendaraan roda empat yang menuju arah Cikampek. Pemberlakukan tersebut dilakukan sejak pukul 17:00 wib sampai dengan pukul 00:00 wib, namun itu diberlakukan secara situasional.

“Namun, diberlakukannya ganjil genap sesuai petunjuk dari direktorat lalulintas maupun Korlantas, ketika di Cikampek sendiri terjadi kepadatan atau stag, maka di sini akan diberlakukan ganjil genap, ketika disana masih tetap berjalan, maka kita berlakukan normal,” imbuhnya.

Hingga saat ini, setidaknya ada peningkatan lebih dari 10 persen jumlah pemudik baik yang menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Sedangkan kendaraan dengan tonase tinggi yang telah dilarang melalui jalan tol, maka jalur arteri khususnya yang masuk jalur arteri di Kota Bekasi telah diantisipasi petugas.

“Walaupun mereka memasuki jalur arteri, namun semua masih teratasi karena jumlah personil yang kita terjunkan sangat mencukupi,” pungkasnya.

Sementara itu, Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto menuturkan bahwa dengan tagline mudik harus aman dan sehat, terutama mempersiapkan sarana dan prasarana akan dioptimalkan.

“Kesiapan dari angkutan umum, kesiapan dari terminal yang ada, kita optimalkan, terutama juga terkait dengan tempat-tempat kesehatan pada jalur mudik ini kita siagakan 1×24 jam,” kata Tri.

Pemerintah Kota Bekasi menerjunkan Dinas Perhubungan, Satpol PP, Dinas Kesehatan, BMSDA untuk mengantisipasi terhadap kemungkinan adanya genangan air di sepanjang jalur arus mudik.

“Karena memang cuaca beberapa hari ini masih cukup mengkhawatirkan karena kemudian turun hujan dan antisipasinya ialah jangan sampai adanya genangan air di sepanjang jalan yang arus mudik, kemudian antisipasi pohon roboh,” katanya.

Ia berpesan kepada masyarakat yang hendak mudik untuk melakukan vaksin booster sebelum melakukan perjalanan mudik.

Pada kesempatan itu, Kapolres beserta rombongan memantau Pospam Mega Bekasi di Jalan Ahmad Yani, Pospam Harapan Indah di kecamatan Medan Satria, Pospam pasar Sumber Arta Kalimalang dan Pospam Tongyang di Kalimalang Bekasi Timur.

Penulis : Syarif PK

Editor : Redaksi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.